Rabu, 16 September 2015

Mengenal Ekonomi Pembangunan (IESP) UMM








 Ekonomi pembangunan, adalah jurusanku di kampus kebanggaanku UMM. Disini saya akan menceritakan sedikit mengenai jurusan yang satu ini.

Ekonomi Pembangunan atau di UMM biasa disebut IESP (Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan) adalah salah satu jurusan yang ada dalam naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMM. Di UMM IESP sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT, dan sedang mengajukan untuk peningkatan akreditasi menjadi A. Suapaya mengikuti jejak pendahulunya prodi di FEB yang sudah mendapatkan akreditasi A yaitu jurusan Akuntansi dan Manajemen.

Di Ekonomi Pembangunan kita akan belajar mengenai berbagai ilmu ekonomi, antara lain :
1.       pengangtar akuntansi
2.       pengantar ekonomi
3.       statistika
4.       matematika ekonomi
5.       ekonomi politik
6.       makro dan mikro ekonomi
7.       ekonometrika
8.       ekonomi regional, dan masih banyak lagi.

Dengan belajar berbagai ilmu ekonomi seorang mahasiswa pada jurusan Ekonomi Pembangunan diharapkan bisa mendapatkan kemampuan untuk menganalisis pemasalahan ekonomi dari berbagai faktor ekonomi, seperti investasi domestik dan asing, ekspor dan impor, pertumbuhan sektor pertanian dan industri.

Seorang lulusan jurusan Ekonomi Pembangunan sebenarnya memiliki peluang kerja yang luas dan bonafide. Dapat bekerja sebagai analis data, analis pasar analis bisnis dan keuangan pengusaha, serta profesi lain yang relevan dengan bidang seperti ekonomi syariah , ekonomi lingkungan, ekonomi kesehatan, dan ekonomi kependudukan. Contoh lapangan kerjanya sebagai berikut :
1)      instansi pemerintahan dan lembaga Negara, seperti kementrian keuangan, kementrian pendidikan, BPK, bappenas, bappeda, BI, pegadaian, dinas perpajakan
2)      lembaga penelitian, sebagai perencana pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan
3)      tenaga pendidik ekonomi, sebagai guru atau dosen diberbagai PT, dengan menyelesaikan program magister terlebih dahulu
4)      orgaisasi publik, seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
5)      sector swasta, seperti perbankan, asuransi, leasing, pasar modal dan BUMN. 


sumber : http://www.jurusankuliah.info/2015/05/prospek-lapangan-kerja-jurusan-ekonomi-pembangunan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar